
Gbr-1

Gbr-2 lubang skep yang sesuai diameter skep pengganti
Sebenarnya mudah, ganti saja dengan versi aftermarket dengan diameter venturi lebih besar. Misalnya Keihin PE28 yang akrab dikalangan pecinta balap benaran, bali dan pencadu akselerasi harian. Cuma tidak mudah mencabut dana 1 jeti dari ATM, brosist. Ya eces buat yang punya dana banyak di ATM, beda dengan punya otak lebih tapi kangtaw tifis yang dipilih adalah memainkan otak.
Silakan otaknya 'diputar-putar' untuk bikin karbu bawaan Jupie Z untuk direamer. Ini istilah untuk memperbasar lubang venturi.
Tujuannya, campuran udara dan bahan bakar yang jadi kabut diameter ikut
membesar sesuai diiameter tambahan dari reamer. Hasilnya tidak kalah dengan yang mahal tadi. Biayanya juga hemat, nggak lebih dari Rp 150 rebuan.Selain itu di arena balap benaran, liar dan harian bisa diandalkan.

Gbr-3

Gbr-4
Mau gedelagi, milik Honda GL100 juga bisa. Namun untuk versi GL100 ini harus pergi ke tukang bubut. Di sana tentu bukan ngobrol-ngobrol, tapi memperbesar diameter rumah skep di bagian badan karburator(Gbr-2). Sekalian potong juga bagian atas skep, tingginya sekitar 30mm(Gbr-3). Proses ini harus dilakukan oleh tukang bubut yang erpengalaman. Bila melenceng dikit, karbusilakan dibuang ke sampah.
Setelah skep terpasang tinggal atur bagian moncong depan dan belakang karburator pake pisau tuner atau kikir(Gbr-4). Tujuannya selain memperbesar juga mengarahkan udara dan bahan bakar yang akan masuk venturi. “Bagian dinding kiri-kanan venturi dibesarkan sampai 18mm,” tutur Pele yang saat dihubungi portal ini lagi sibuk bongkar mesin Jupiter Z untuk diadu.

Gbr-5

Yang ini sih sudah reamer habis-habisan...
Yang boleh dibesarkan dengan pisau bubut atau tunner hanya bagian dinding kiri-kana dan atas. Untuk venturi bagian bawah, ampun brosist, jangan..! Bisa jebol tabungannya, karena karbu-nya bocor benaran dan harus beli baru lagi. Tujuannya mau irit, jadinya malah boros.
Dengan perubahan ini otomatis bahan bakar juga makin lancar. Untuk itu, spuyer wajib naik. Pilot-jetjet naik antara 3-4 step dan main-jet cukup 1-2 step. Untuk memastikannya ya sesuai settingan, angka tadi hanya patokan. Ciri setting spuyer yang pas elektroda businya merah bata.
Terakhir, meski motor sudah kenceng tetap utamakan safety, jangan ugal-ugalan ya.
0 komentar:
Posting Komentar