
aceh racing - Penggemar sport bike tentu tidak asing dengan nama Ninja 250 yang diproduksi dan dikembangkan oleh Kawasaki. Motor ini punya beberapa pengemar tersendiri, disamping dibebekali beberapa teknologi yang menjadi unggulan.
Salah satu fitur utama yang menjadi kelebihan motor ini adalah mesin yang dimiliki. Ninja 250 memiliki mesin bersilinder ganda, sistem katup DOHC (Double Overhead Camshaft) dan berpendingin cairan, mampu mengeluarkan tenaga sebesar 32 hp dan torsi 21 Nm.
Namun kini Ninja 250 mengalami lagi penyempurnaan yang akan melengkapi semua varian Ninja 250, yaitu dilengkapi dengan sistem kopling Slipper Clutch yang telah diaplikasikan pada model-model Ninja berkapasitas mesin lebih besar.

Secara lebih lengkap sistem ini memiliki nama Assist and slipper clutch yang beroperasi pada saat yang berbeda, dimana Assist clutch terjadi saat motor berakselerasi, sedangkan Slipper clutch secara otomatis terjadi saat motor berdeselerasi dan melakukan penurunan gigi/downshift.
Biasanya saat penurunan gigi dengan cepat (misal pada saat race) pada sistem kopling akan terjadi fenomena back Torque (torsi berlebih) yang bisa membuat ban belakang skid dan selanjutnya membuat roda kehilangan traksi pada permukaan jalan.
Slipper Cluth yang dipasang di Ninja 250 bertujuan untuk mengurangi kerugian akibat gejala back-torque dan kesulitan pengendalian akibat ban belakang mengunci yang dapat mengakibatkan skid.
0 komentar:
Posting Komentar