aceh racing- Biasanya, punya Vespa S 150 ie
pasti sering dielus-elus biar kinclong. Beda kalau yang punya M.
Prapanca. Ia justru membuat Vespa S semata-mata untuk meramaikan event
balap khusus Vespa matik di Sirkuit Sentul! Mantaaap..
"Sengaja saja, biar makin ramai dan sekaligus memancing yang
lain biar ikut ngeramein balapan. Daripada main balap liar, lebih
bonafid di ajang resmi dong. Jadi kalo lecet-lecet sudah biasa,"
jawabnya sambil senyum.
Terlebih lagi, Prapanca menyerahkan skutiknya ke bengkel F38
yang memang hafal betul seluk beluk mesin Vespa dan punya trik khusus
bikin Vespa matik jadi ngacir. Tujunnya sih, untuk balap di kelas elit,
Free For All.
"Memang sudah niatan Prapanca bikin Vespa balap di kelas FFA,
bebas menaikkan kapasitas mesin, dari 150 cc sampai 300 cc. tapi kita
buat enggak terlalu besar, biar aman dan yang penting juara," bangga
Herry, Manager Tim F38.
Enggak heran kalau peringkat satu dan dua sudah jadi langganan
Vespa garapan F38 ini. Trik membesarkan mesin jadi tumpuan utama. Piston
standar 58 mm berubah jadi 65 mm tanpa perubahan stroke di 58,6 mm.
Volume mesin langsung bengkak jadi 194 cc!
"Pelebaran diameter piston ini memaksakan klep in dan out juga
ikut membesar. Sistem pengabutan diganti lebih gede buat mengimbangi
mesin," bilang pria yang gerainya di Jl. H. Saili Slipi, Jakbar.
Bukan itu saja, pengapian pun minta yang besar untuk mendukung
pembakaran di ruang mesin. Dari CDI hingga koil standarnya disimpan dan
comot dari perangkat tipe racing.
Setelah mesin sanggup melawan yang lain, enggak afdol kalau
kaki-kaki enggak dikuatkan. Karena sok depan belakang yang asli terlalu
empuk, tipe racing disematkan sebagai gantinya demi melibas tikungan
dengan cepat. Makin bertambah pialanya.
Data Modifikasi Ban dpn blkg : Pirelli
Sok dpn blkg
: Bitubo
Karburator : PWK 28
Koil : Protec
CDI : Moric
Roller : 7-9 gram
Knalpot
: CLD
Estimasi Biaya : Rp 18 juta
F38: 0815-8844-543
0 komentar:
Posting Komentar