aceh racing - Noken as racing atau balap tidak sekadar kuat, tapi lapisan metal
atasnya harus konsisten agar durasi tak berubah-ubah. Ya tak berubah
oleh panas dan tingginya putaran mesin. Sebab itulah mekanik balap pada rame cetak kem berbahan dasar dari noken-as mobil yang dicetak ulang seperti asli Jupiter Z.
Yang
lama sekali milik Honda Genio, lalu muncul lagi kem Estilo. Kata
mekanik materialnya lebih kuat dari noken bawaaan motor, termasuk kem
mentah di pasaran. “Keuntungan lain dengan noken as mobil, profil kemnya
mudah dibentuk. Juga kuat, karena tadinya untuk mesin SOHC mobil.
Kem ini bekarja lebih berat,” jelas Ibnu Sambodo dari Kawasaki Manual
Tech yang awal-awal karirnya mengorek pakai Jupiter Z. Tapi katanya
untuk Kawasaki Edge dia dapat khusus dari Kawasaki Jepang yang
mentahnya.
Sekarang
muncul bahan noken-as yang lain. Tetap saja dari milik roda empat. Itu
dia milik Honda Cielio. Katanya materialnya lebih keras dari dua kem
mobil tadi. "Sudah dipasang di Jupiter Z dragbike tim saya, terbukti
setahun baru habis satu kem. Beda dengan tahun lalu yang pakai kem
Estilo satu musim bisa habis 2-3 kem,” terang Aris Seehan Wijaya,
mekanik drag bike Jatim sambil menunjukkan kem pada reporter. Tuh
gambarnya, monggo dilihat! Tapi kok nggak jelas tuh foto.
Kata
Aris proses pembuatannya sama. Harus minta tolong ke tukang bubut untuk
dibuatkan kem mentah berbahan ken Cielio tadi. "Bentuknya dibikin mirip
dengan asli Jupiter tapi profilnya lebih gemuk. Lebih mudahnya dibubut
pada mesin cetak khusus kem yang sudah banyak beredar. Tinggal dicopy
kem yang jadi saja,” ujar Aris yang bisa ditanya soal kem Cielio ini di
085645290033.
Yang
nggak mau ribet, Aris bikin juga jual kem yang sudah jadi, ya langsung
saja ke bengkelnya yang ada di Jl. Mawar No 245, Wates, Kediri, Jatim.
Mau dagang atau bikin tips nih.
0 komentar:
Posting Komentar